Site icon ghibahin.id

5 Tanaman yang Dapat Mengobati Mata Minus

Cara mengonsumsi bunga telang adalah seduh bunga telang kering secukupnya dengan air panas.

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam hidup manusia terutama sebagai indera penglihatan. Penyebab utama mata minus adalah terlalu lama menatap layar gadget dan kurangnya mengkonsumsi makanan sehat. Terlebih sekarang ini, generasi milenial kita banyak dituntut untuk berinteraksi dengan menggunakan berbagai macam alat elektronik, seperti smartphone, laptop, dan televisi. 

Buat Sobat Ghibah yang mengalami mata minus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Menjaga kesehatan mata, melakukan pengecekan ke dokter, dan satu hal yang murah dan aman adalah menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Nah berikut ini ada beberapa tanaman yang bisa kamu jadikan obat mengatasi mata minus kamu loh, yuk simak!

#1 Daun Binahong

Tahukah SoHib, daun binahong memiliki kandungan antioksidan, asam karbonat, total fenol dan protein yang tinggi. Makanya tidak heran banyak orang yang menanam tanaman ini di halaman rumah. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga mudah diolah untuk penyembuhan berbagai penyakit loh sobat. 

Salah satunya untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan mata agar tetap sehat terutama SoHib yang mengalami mata minus. Caranya gunakan 9-11 lembar daun, lalu dicuci bersih. Rebus dengan api kecil dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari.

#2 Daun Sirih

Emm, tanaman yang satu ini pasti tidak asing lagi kan buat SoHib. Memiliki halaman luas di depan rumah bisa dimanfaatkan oleh SoHib dengan menanam daun sirih. Selain membuat halaman terkesan rindang, daun sirih juga dipercaya bisa mengatasi mata minus.

Kalian pasti tahu kan, daun sirih juga dipercaya menjadi solusi yang baik bagi para SoHib untuk mengatasi mata minus. Kamu dapat menyiapkan dua lembar daun sirih segar yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian tempelkan daun sirih pada mata, biarkan semalaman dan kemudian lepas ketika kamu bangun tidur.

#3 Wortel

Cara mengurangi mata minus selanjutnya adalah dengan wortel. Sebagaimana diketahui wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin A. 

Dengan mengonsumsi wortel sobat sohib akan dapat menjaga dan memelihara mata. Jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi minus pada mata. Hal ini juga diperkuat dengan fakta medis yang mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.

#4 Bunga Telang 

Tanaman yang satu ini sering kali dijadikan tanaman untuk menghiasi pekarangan rumah. Tampilannya yang cantik sangat cocok untuk menjadi salah satu tanaman di area rumah. Namun, selain itu bunga telang juga memiliki banyak khasiat, diantaranya mampu mengobati mata minus.

Kandungan proanthocyanidin yang terdapat pada bunga ini bisa menurunkan kemerahan pada mata. Cara mengonsumsi bunga telang adalah seduh bunga telang kering secukupnya dengan air panas. Setelah teh bunga telang hangat sobat minum secukupnya. sebaiknya minum teh bunga telang satu jam sebelum makan atau satu jam setelah makan

#5 Bunga Kitolod 

Yang terakhir adalah bunga kitolod yang sering dijumpai di sekitar selokan dan selama ini kita anggap sebagai tanaman liar, ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan mata minus sobat sohib lohh. Bunganya sangat ampuh untuk menyembuhkan mata minus. 

Hal ini terjadi karena kitolod mengandung senyawa yang sanggup mempercepat penyembuhan myopia atau lebih dikenal sebagai mata minus oleh masyarakat. Caranya, rebus tiga lembar daun kitolod yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan dua gelas air dan rebus. Minum dua kali sehari.

Nah, itulah 5 daftar tanaman yang ampuh untuk mengobati mata minus. SoHib bisa menjadikan tanaman cantik itu sebagai obat untuk menyembuhkan minus. sehingga tidak perlu lagi menggunakan kacamata atau meminum obat-obatan untuk menghilangkan mata minus. 

Bisa jadi, ini menjadi langkah awal yang baik untuk SoHib supaya mata minus sembuh dan kembali normal. Yuk buktikan khasiat dari tanaman di atas bagi SoHib yang terkena mata minus!

Lisbet Pebriani Siahaan, si pecinta ilmu pengetahuan.

[red/nuha]

Exit mobile version