5 Permainan Jadul yang Kini Mulai Terlupakan

“Petak umpet merupakan permainan yang sangat populer bahkan masih populer hingga sekarang, biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih.”

Masa kecil merupakan masa yang indah. Kita tidak perlu memikirkan banyak beban seperti masa remaja bahkan ketika menjadi orang tua. Masa kecil hanya menghabiskan waktu dengan cara bermain. Namun, di masa sekarang anak-anak lebih suka bermain dengan gadget. 

Berbeda dengan anak-anak di era 90-an. Masa zaman tersebut menjadi masa anak yang sangat menyenangkan. Masa mereka diwarnai dengan berbagai permainan yang dapat dilakukan bersama teman dan memerlukan kreativitas juga kekompakan saat bermain. Padahal, permainan tradisional banyak manfaatnya loh mulai dari melatih motorik pada anak agar dia aktif dan lincah juga pandai berinteraksi serta menjalin pertemanan satu sama lain.

Nah, SoHib pasti merindukan permainan tradisional yang pernah kalian mainkan. Berikut beberapa permainan tradisional yang pernah eksis pada masanya

#1 Ular Tangga

Siapa yang tidak mengenal permainan satu ini? mungkin dulu anda sering memainkannya bersama teman maupun keluarga. Ular tangga merupakan permainan permainan papan yang didalamnya terbagi dalam kotak-kotak dan didalamnya terdapat gambar serta nomor, dan memiliki angka hingga seratus. 

Ular tangga dimainkan dengan menggunakan dadu yang terdiri dari enam sisi dan terdapat pula bidak yang dapat dipakai saat bermain. Di dalam gambar terdapat bentuk ular dan tangga untuk menghubungkan antar kotak. Jika kita mendapatkan tangga di gambar saat melempar dadu maka akan langsung naik mengikuti arah tangga tersebut, tetapi sebaliknya saat kita mendapatkan ular saat melempar dadu maka harus turun mengikuti arah ular tersebut.

Permainan ini akan berakhir jika semua pemain telah mencapai kotak terakhir dan menjadi garis finish dari permainan ini.

#2 Congklak

Congklak merupakan permainan yang menggunakan papan kayu dan mempunyai 14-16 lubang dengan dua lubang besar di ujung papan. Permainan ini dimainkan dengan biji-bijian atau batu kecil yang dipindahkan dari satu lubang ke lubang yang lainnya, biasanya memutar secara berurutan.

Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua orang, masing-masing pemain berada di sisi yang berbeda. Setiap lubang kecil pada papan memiliki 5 hingga 7 biji atau batu kecil, dan di dua lubang yang besar akan dibiarkan kosong. Saat bermain, pemain akan memindahkan biji-biji dari satu lubang ke lubang yang lainnya secara berurutan searah dengan jarum jam.

Permainan dapat selesai jika kedua pemain ingin berhenti. Pemenang akan ditentukan jika pemain memiliki jumlah biji yang paling banyak.

#3 Layang-layang

Permainan tradisional ini masih bertahan sampai sekarang. Permainan ini dapat melatih motorik kasar pada anak yang dapat membuat keseimbangan tubuh dan kekuatan otot semakin baik. Cara memainkannya sangatlah mudah, kita hanya membutuhkan layang-layang yang telah disambungkan dengan seutas benang dan tanah terbuka sebagai area permainan.

Permainan ini juga dapat melatih jiwa kompetitif seorang anak, dengan cara mengadukan layang-layang kita dengan orang lain, siapa yang lebih kuat dialah pemenangnya.

#4 Petak Umpet 

Petak umpet merupakan permainan yang sangat populer bahkan masih populer hingga sekarang, biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih. Permainannya sangat gampang tidak memerlukan alat yang khusus, kita hanya perlu memiliki kemampuan untuk berlari kencang dan pintar mencari tempat untuk bersembunyi.

Cara memainkannya yaitu dengan memilih salah satu orang untuk berjaga, lalu pemain lainnya harus bersembunyi. Supaya adil untuk menentukan siapa orang yang berjaga maka biasanya anak-anak akan memilihnya dengan cara hom-pimpa, sesudah menentukan yang berjaga maka ia akan mulai menutup mata dan berhitung sampai sepuluh, setelah selesai menghitung maka si penjaga bakal berkeliling mencari pemain lain yang telah bersembunyi dan menangkapnya satu per satu.

Permainan akan selesai jika si penjaga telah menemukan dan menangkap seluruh pemain yang bersembunyi, jika si penjaga tidak menemukan seluruh pemain yang bersembunyi maka di permainan selanjutnya ia akan tetap jadi penjaga hingga semua pemain ditemukan.

#5 Kelereng 

Permainan ini biasanya dimainkan bersama teman-teman. Kelereng memiliki bentuk bulat kecil terbuat dari kaca dan biasanya memiliki corak di dalamnya, serta memiliki warna-warna yang beragam sehingga tak jarang orang menjadikannya sebagai barang koleksi. 

Permainan ini biasanya dimainkan di tanah yang lapang dan luas. Cara bermainnya cukup mudah dan hanya perlu kemampuan untuk membidik, kita hanya perlu menjentikkan kelereng sendiri ke arah kelereng pemain lain.

Sebenarnya masih banyak permainan yang dapat anda mainkan bersama teman bahkan kelurga, dan bisa membangkitkan kembali nostalgia masa kecil anda. Permainan ini mungkin saja masih ada beberapa yang dimainkan oleh anak-anak sekarang, namun banyak yang sudah jarang dimainkan bahkan perlahan ditinggalkan.

Andrian Pasaribu, si pecinta kenangan.

[red/nuha]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *