Site icon ghibahin.id

7 Makanan yang Wajib SoHib Coba Saat ke Palembang

ghibahin

ghibahin

“Celimpungan merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dibentuk bulat seperti bakso, kemudian disajikan bersama kuah santan bumbu kuning.”

Negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai keanekaragaman mulai dari budaya, ras, suku, agama, dan bahasa. Bukan cuma itu, tiap daerah juga menawarkan wisata kulinernya masing-masing. Salah satu daerah yang mempunyai makanan yang enak untuk dicoba yaitu ibukota Sumatera Selatan, Palembang. 

Sumatera Selatan menjadi salah satu kota tertua yang ada di Indonesia dengan memiliki wisata yang menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya wisatanya saja yang menampilkan pesona yang menarik tetapi Palembang juga menghadirkan berbagai macam makanan yang beragam. Apa saja makanan yang wajib SoHib coba saat ke Palembang? Yuk, langsung lihat 7 rekomendasi makanan berikut ini

#1 Pempek 

Makanan yang satu ini sudah menjadi makanan populer yang sangat disukai oleh kalangan masyarakat. Bukan hanya itu, pempek juga menjadi salah satu makanan khas Palembang yang harus kamu coba. Pempek terbuat dari ikan tenggiri yang digiling, telur, dan tepung sagu dan disajikan bersama dengan kuah pempek yang biasa disebut cuko. Pempek memiliki model atau bentuk yang bervariasi mulai dari pempek kapal selam yang berisi telur, pempek berbentuk bulat, pempek lenjer, dan masih banyak lagi.

#2 Mie Celor 

Jika mengunjungi Palembang, kamu juga wajib mencicipi menu yang satu ini. Mie Celor merupakan hidangan yang dibuat dengan bahan dasar mie yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu udang. Hal ini membuat mie celor memiliki tekstur kental dan gurih. Mie celor biasanya terdiri dari mie, telur rebus, tauge, kuah santan, kaldu udang, dan kucai. Mie celor juga menjadi salah satu makanan khas Palembang yang wajib kamu coba.

#3 Tekwan 

Menu yang satu ini tentu tidak boleh SoHib lewatkan. Makanan ini juga sangat terkenal dan menjadi makanan khas Palembang. Tekwan ini sering disebut sebagai baksonya Palembang. Makanan ini dibuat dari campuran daging ikan dan tepung yang dibentuk bulat-bulat dan disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah sohun, irisan bengkoang, jamur, seledri, bawang goreng, dan daun bawang.

#4 Model 

Selain tekwan, makanan khas Palembang yang berkuah selanjutnya adalah Model. Model juga menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh kalangan masyarakat lokal. Model merupakan makanan yang terbuat dari bahan adonan ikan tenggiri, tepung sagu, dan telur. Model disajikan dalam kuah kaldu udang. Biasanya pelengkap model adalah jamur, seledri, bawang goreng, mentimun, sohun, dan jamur.

#5 Celimpungan 

Selain tekwan dan model, satu lagi makanan berkuah yaitu celimpungan. Celimpungan merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dibentuk bulat seperti bakso, kemudian disajikan bersama kuah santan bumbu kuning. Celimpungan juga salah satu makanan khas Palembang yang wajib kamu coba. 

#6 Maksuba

Kue maksuba merupakan salah satu kue khas Palembang. Kue ini memiliki cita rasa yang sangat manis dan legit. Warnanya kekuningan dan memiliki garis-garis hitam di tengahnya yang membuatnya terlihat seperti bolu lapis. Perpaduan telur bebek dan krimer kental manis jadi kunci kelezatan lapis maksuba.

#7 Martabak Har 

Martabak Har juga merupakan makanan khas Palembang. Makanan ini wajib banget kalian coba dan sebaiknya jangan dilewatkan ya. Martabak Har merupakan makanan berupa martabak yang digoreng yang di dalamnya berisi telur ayam atau bebek, yang kemudian disajikan bersama kuah kari berisi kentang.

Itulah 7 makanan yang wajib SoHib coba saat berkunjung ke Palembang. Apakah berminat untuk mencoba salah satu dari kuliner di atas? 

Cella Permata Sari, tinggal di Palembang.

[red/zhr]

Exit mobile version