Site icon ghibahin.id

Kedai Beringin, Restoran Chinese Food Fenomenal di Semarang

ghibahin

Photo by Cats Coming: https://www.pexels.com/photo/garlic-shrimp-dish-699544/

“Walau berlabel chinese food, tak lantas membuat makanan halal tidak dapat ditemukan di sini. Justru, porsi makanan halal cukup banyak tersedia di Kedai Beringin.”

Berkunjung ke Semarang itu asyik. Ada banyak pilihan kuliner yang dapat memanjakan lidah SoHib. Jika SoHib berkunjung ke Semarang bersama keluarga besar sekaligus mengajak anak-anak, mungkin akan bingung mau makan di mana, saking banyaknya pilihan restoran yang ada.

Saran saya, cobalah untuk mengunjungi sebuah restoran chinese food yang bisa dikatakan fenomenal di Semarang. Restoran ini bernama Kedai Beringin. 

Meskipun namanya kedai, namun rumah makan ini terbilang sangat luas. Restoran ini juga cukup ramah anak. Ruangannya mempunyai kapasitas kurang lebih menampung sampai 100 orang dewasa sehingga cocok untuk dijadikan destinasi kuliner bersama rombongan sanak saudara di kala berlibur ke Kota Lawang Sewu itu. Menurut saya, Kedai Beringin lebih cocok disebut sebagai restoran keluarga dibanding dengan kedai saja. 

Kedai Beringin bertempat di seberang Stasiun Poncol, Semarang. Kedai Beringin menyediakan dua ruangan besar yakni yang berpendingin udara untuk yang tidak merokok serta outdoor space bagi mereka yang terbiasa merokok. 

Selain menyediakan meja dan kursi kayu, pengunjung juga bisa memilih untuk duduk di sofa. Deretan sofa berada dekat dapur terbuka mereka dan di sepanjang kaca pembatas antara ruangan non smoking dan smoking space area.

Sebagai informasi, Kedai Beringin beroperasi setiap hari, yaitu Senin hingga Minggu, mulai pukul 8.00 hingga 21.30 WIB. Namun, biasanya tempat itu paling ramai ketika jam makan siang tiba karena banyak pula pekerja kantoran yang menjadikan tempat tersebut sebagai tujuan mengisi perut pada jam istirahat.

Meskipun tampak luarnya seperti resto mewah ala zaman dulu, namun harga yang dipatok masih bisa dikatakan murah khususnya untuk ukuran rumah makan masakan Cina di Semarang. Hidangan utama di kedai ini rata-rata dihargai sekitar 20 ribuan hingga 30 ribuan per porsi. 

Sedangkan untuk minumannya, mayoritas berada di rentang harga belasan ribu. Selain harganya yang boleh dikatakan masuk akal, menu yang ditawarkan pun sangat beragam. 

Walau berlabel chinese food, tak lantas membuat makanan halal tidak dapat ditemukan di sini. Justru, porsi makanan halal cukup banyak tersedia di Kedai Beringin sehingga pelanggan tak perlu ragu untuk mencobanya.

Menu utama halal yang paling banyak diminati dan menjadi andalan di sana adalah nasi Hainan bebek. Sebenarnya, masih banyak menu yang menggunakan daging bebek sebagai bahan baku utamanya. Namun, nasi Hainan bebek ini adalah yang pantang dilewatkan. 

Rasa nikmat dari hidangan nasi Hainan sudah pasti tak perlu diragukan. Sensasi gurih nasi Hainan saat menyentuh lidah tidak akan mudah dilupakan, malah bisa saja membuat Anda ketagihan. 

Belum lagi, daging bebeknya yang bertekstur lembut serta juicy di dalam tetapi renyah di luar. Kenikmatannya dapat membuat kita ingin kembali ke resto tersebut. Nasi Hainan bebek ini disajikan dengan kuah bening dan saus hoisin sebagai pelengkapnya. 

Selain itu, plating dari menu ini terkesan mewah. Biasanya pelanggan senang mengabadikan tampilan makanan yang mereka pesan dalam bentuk gambar lalu mempostingnya di akun media sosial mereka. Tak heran, popularitas Kedai Beringin pun meningkat di kalangan penggemar kuliner. Harga seporsi nasi Hainan tak terlalu mahal. Saat ini, harganya berkisar di angka 30 ribuan rupiah.

Menu halal lain yang patut dicoba adalah bakmoy ayam. Menu ini sangat sesuai untuk pencinta makanan berkuah. Bagi yang belum familiar dengan menu bakmoy, masakan ini disajikan dengan cara memasukkan setangkup nasi putih ke dalam sup kuah panas. 

Kuah bakmoy sendiri diolah dari kaldu dan berbagai bumbu yang menghasilkan cita rasa gurih dan manis sekaligus. Di samping itu, santapan berkuah ini dilengkapi pula dengan telur ayam, potongan daging ayam, irisan daun bawang, tahu kuning, serta taburan bawang goreng yang harum. Hidangan ini cocok sekali dinikmati ketika hari mendung. Seporsi bakmoy ayam dihargai sekitar 20 ribuan rupiah.

Selain dua menu andalan di atas, masih banyak sajian lain yang bisa dinikmati. Sebagaimana rumah makan yang mengusung chinese food sebagai masakannya, Kedai Beringin juga menyediakan menu standar seperti nasi goreng dan mie goreng yang banyak dijumpai di warung serta restoran masakan Cina lainnya.

Barisan menu minumannya pun tak kalah menarik untuk dicoba. Selain bermacam minuman standar dan aneka jus, Kedai Beringin juga menawarkan berbagai es yang mampu menghalau dahaga. 

Beberapa olahan es serut yang bisa dipesan adalah Es Jeruk Kelapa yang memadukan kelapa muda dan segarnya air jeruk, Es Hijau Daun dengan dawet ijonya, Es Hitam Manis yang berbahan baku cincau hitam dan bertabur meises, Es Putih Salju bercita rasa manisnya buah leci, dan Es Beringin yang menjadi khas dari Kedai Beringin. Semua menu es tersebut dibanderol dengan kisaran harga 20 ribuan rupiah per porsi. 

Jadi, bagaimana? SoHib akan memasukkan Kedai Beringin dalam daftar destinasi wisata kulinermu di Semarang nggak, nih?

Paula Gianita Primasari, lulusan Marketing yang jadi tukang Make-up.

[red/nuh/brsm]

Exit mobile version